Upacara HUT Kemerdekaan RI 79 di Pondok Pesantren Al Ikhlas Al Muhdlor (17/08). Foto: Info Lumajang

Semangat Santri Yosowilangun di HUT Kemerdekaan RI 79, Upacara Pake Sarung

Info Lumajang - Upacara bendera menjadi kegiatan yang lazim dilakukan di sejumlah tempat untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Upacara juga digelar Pondok Pesantren Al Ikhlas Al Muhdlor, Yosowilangun, Lumajang di halaman pondok pesantren pagi ini, Sabtu (17/08).

Santri yang mengikuti upacara HUT Kemerdekaan mengenakan sarung dan kopyah dengan pita merah putih serta seragam sekolah, ratusan santri dengan khidmat mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan.

Meskipun sederhana, prosesi upacara tidak kalah dengan upacara resmi pada umumnya, mulai dari pengibaran bendera merah putih, pembacaaan teks Pancasila, teks Proklamasi hingga mengheningkan cipta.

Hal itu dilakukan untuk menumbuhkan kembali semangat para pejuang dalam merebut kemerdekaan tidak selalu digelorakan oleh segenap instansi pemerintahan. Namun juga menjadi agenda sakral bagi dunia pesantren.

Menurut pengasuh pondok pesantren, Upacara HUT Kemerdekaan RI digelar untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada para santri serta menghargai jasa para pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

"Kegiatan upacara Hari Kemerdekaan ini untuk menanamkan rasa menghargai jasa para pahlawan, serta menguatkan jiwa nasionalisme bagi para santri sebagai bagian generasi bangsa," ujar Pengasuh Pondok Pesantren, Gus Halim Sholeh.