Pj. Bupati Lumajang saat memberikan sambutan di Segoro Topeng Kaliwungu (25/08). Foto: Info Lumajang/Rifqi

Segoro Topeng Kaliwungu Sukses Digelar Pemkab Lumajang Untuk Kedua Kalinya, di Wisata Pantai Watu Pecak

Apresiasi Seniman di Lumajang

Serangkaian kegiatan mulai Kite Fighter atau festival layangan sambitan, pameran UMKM dan puncaknya pagelaran tari Topeng Kaliwungu, bersama Sendratari Kolosal Legenda Argasonya.

"Selain itu juga diisi penampilan Jaran Kencak, serta musik etnik akustik dari Nararya Ethnic Percussion," ungkap Yuli Harismawati, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang.

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni saat membuka acara ini mengucapkan terimakasih atas dukungan segenap pihak, sehingga acara ini bisa terselenggara untuk yang kedua kalinya.

"Pertama kali digelar tahun 2023 lalu di tempat yang sama. Event berbasis destinasi branding yang mengangkat Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dari Lumajang," ungkap Yuyun.

Warisan Budaya Takbenda yang dimaksud, tidak lain adalah kesenian Jaran Kencak dan Topeng Kaliwungu yang diakui secara nasional.

"Selain itu, guna meningkatkan promosi dan kunjungan wisatawan, mengangkat potensi budaya dan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal di Kabupaten Lumajang," imbuhnya.

"Yang terpenting, sebagai apresiasi dan wadah bagi para seniman, serta pelestarian Topeng Kaliwungu, dimana penarinya adalah para pelajar dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Lumajang," tandasnya.