Perform peserta Kirab Maskot Pilkada di depan Pendopo Arya Wiraraja (03/09). Foto: Info Lumajang/Rifqi

Kirab Maskot Pilkada Jatim 2024 di Lumajang Disemarakkan Beragam Kostum Unik

Mengusung Seni Budaya Kearifan Lokal Lumajang

Mulai dari pertunjukan jingle Pilkada, penampilan grup musik, hingga peragaan berbagai kostum unik dari tim PPK dengan membawa kearifan lokal masing-masing wilayah.

Kostum yang ditampilkan beragam ada yang menggunakan tema lokal, seperti Kecamatan Pronojiwo dengan khas buah salak, Kecamatan Pasirian dengan kesenian Jaran Slining, dan lain sebagainya.

Ketua KPU Lumajang, Henariza Febriadmadja menyampaikan pihaknya sengaja mengusung konsep bertema kearifan lokal terhadap setiap peserta, untuk mengenalkan keunikan masing-masing wilayah di Kabupaten Lumajang.

"Konsep kami memang sesuai kearifan lokal masing-masing wilayah, jadi kita arahkan untuk PPK seluruh kecamatan. Jadi ada tarian, pakaian, pertunjukan musik hingga hasil bumi yang dibagi-bagikan," ujarnya saat ditemui pada Selasa (03/09).

Sementara itu, Febri menyampaikan tujuan diselenggarakan kirab maskot Pilkada ini diharapkan bisa menyemarakkan partisipasi masyarakat Lumajang terutama pemilih untuk turut serta menyukseskan gelaran Pilkada.

"Untuk menyemarakkan partisipasi masyarakat Lumajang untuk ikut nyoblos, intinya itu," kata Febri.