Susu kambing Etawa bubuk dari Kandangtepus. Foto: KKN Widya Gama Lumajang

Inovasi Susu Bubuk Kambing Etawa, KKN ITB Widya Gama Lumajang Buka Peluang Baru Bagi Peternak di Desa Kandangtepus

Info Lumajang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Widya Gama Lumajang telah berhasil menciptakan inovasi bagi masyarakat luas.

Inovasi ini diharapkan dapat mengubah nasib para peternak susu kambing Etawa di Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Melalui serangkaian penelitian, pengembangan dan percobaan, mahasiswa KKN berhasil mengubah susu kambing etawa cair menjadi produk susu bubuk yang dapat bersaing di pasar lokal.

Selama ini, peternak susu kambing Etawa di Kandangtepus hanya mengandalkan penjualan susu segar kepada pengepul atau pemasok kemudian diproses ke luar daerah.

Namun, ketergantungan pada pasar lokal dan daya simpan susu yang terbatas menjadi kendala utama dalam pengembangan usaha mereka.

Susu segar yang tidak tahan lama seringkali mengalami kerugian karena tidak terjual seluruhnya.

"Dimana tujuan kami di sini adalah untuk menambah pengetahuan masyarakat dalam meningkakan keterampilan dalam bidang pengolahan hasil ternak susu kambing etawa yang dapat menjadikan nilai tambah ekonomis bagi peternak susu," ujar Ketua KKN Kandangtepus.