Ratusan penerjun payung TNI AU di Sikatan Daya 2024. Foto: Visit Lumajang/Ahmad

Sikatan Daya 2024, AWR Pandanwangi Lumajang Kembali Diserbu Jet Tempur TNI AU

TNI Angkatan Udara menggelar latihan misi operasi udara serangan strategis dalam rangkaian latihan Sikatan Daya 2024 di Lumajang, Jawa Timur, Selasa 9 Juli 2024.

Sejumlah pesawat tempur TNI Angkatan Udara dikerahkan dalam latihan untuk menghancurkan kekuatan musuh yang memiliki nilai strategis.

Latihan tempur ini digelar di Lapangan Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang. Antusiasme warga juga terlihat dengan turut meramaikan dan menyaksikan latihan tempur yang digelar oleh TNI AU.

Dalam latihan tempur Sikatan Daya ini, ditujukan untuk menguji kesiapan dan kemampuan para prajurit, satuan serta alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Latihan ini melibatkan puluhan pesawat dari pasukan Komando Operasi Udara (Koopsud) II TNI Angkatan Udara meliputi pesawat tempur, pesawat angkut, pesawat intai, satuan radar, dan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) lengkap beserta sejumlah alutsistanya.

Latihan yang dibuka secara umum ini menjadi atensi masyarakat. Aksi manuver hingga atraksi pesawat di udara menjadikan tontonan sekaligus edukasi kepada masyarakat mengenai alutsista TNI.

Gilang, salah seorang pengunjung mengaku sengaja datang untuk menyaksikan latihan tempur ini sebagai rekreasi sekaligus edukasi.