Sikatan Daya 2024 menarik antusias warga Lumajang (09/07). Foto: Visit Lumajang/Ahmad

Sikatan Daya 2024, AWR Pandanwangi Lumajang Kembali Diserbu Jet Tempur TNI AU

Military Tourism di Kabupaten Lumajang

"Senang melihat manuver pesawat-pesawat ini. Setiap tahun selalu mengikuti latihan seperti ini. Latihan ini juga selalu kami tunggu, anggap wisata gratis lah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono yang turut hadir dalam latihan Sikatan Daya 2024 ini menyampaikan, ada sekitar 700 personil juga dilibatkan dalam latihan tempur tahunan ini.

"Sikatan Daya 2024 ini melibatkan 31 pesawat yang berada di Koopsud II. Kemudian sekitar 700 personil yang kami libatkan," ujar Tonny.

Menurutnya, diselenggarakannya latihan tempur ini merupakan program latihan antar-satuan Komando Operasi Udara (Koopsud) ini digelar bertujuan untuk menguji kesiapan dan kemampuan para prajurit, satuan serta alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Ada juga skenario operasi yang memiliki misi berupa penghancuran sasaran musuh di darat, laut maupun udara. Serangkaian latihan ini turut menjadi daya tarik wisata (military tourism) di Kabupaten Lumajang.

"Latihan ini mencerminkan operasi udara di udara. Bagaiamana kita merebut suatu pangkalan udara kemudian menghancurkan kekuatan musuh," jelasnya.

Selain latihan, di akhir acara pihak TNI AU juga menggelar bakti sosial mulai dari pelayanan kesehatan hingga bagi-bagi sembako kepada masyarakat setempat.