Plt. Kepala Diskominfo Lumajang, Mustaqim. Foto: Istimewa

Cepat Tanggap, Warga Lumajang Kini Bisa Kirim Aduan Langsung ke Pj Bupati

Pelayanan Pemkab Lumajang Untuk Sarana Pengaduan Warga

Menurut Mustaqim, layanan Lapor Bu Pj akan terintegrasi langsung dengan sistem Kementerian PAN-RB. Sehingga, monitoring laporan warga Lumajang terus dipantau pemerintah pusat untuk segera ditindaklanjuti.

Perihal penamaannya, Mustaqim mengungkapkan hanya bagian dari branding agar masyarakat Lumajang lebih familiar dan mudah dipahami.

Dengan menggunakan kanal tersebut, semua pengaduan dari warga Lumajang akan terintegrasi dengan sistem di pusat (Kementerian PANRB).

"Lapor Bu PJ merupakan branding tersendiri agar masyarakat Lumajang lebih familiar dengan kanal pengaduan lapor.go.id," jelasnya.

Mustaqim juga menyebut, pihaknya tengah mengebut sosialisasi layanan pengaduan warga dengan melibatkan banyak elemen termasuk kelompok informasi masyarakat di desa maupun influencer Lumajang.

"Selain itu juga sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), dengan tujuan memperkenalkan aplikasi SP4N-LAPOR!," imbuh Mustaqim.

Mustaqim menyebut pengaduan online ini memberdayakan masyarakat untuk ikut berpartisipasi pada penyelenggaraan pemerintahan dengan sasaran pegiat medsos, mahasiswa dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).