Stan Kecamatan Kedungjajang di Loemadjang Mbiyen #4 (07/07). Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Sehari Loemadjang Mbiyen, Seminggu di Candipuro

Candipuro Culture Festival

"Kecamatan Candipuro ini banyak potensi wisata alam, juga sangat kental nilai budayanya. Nah ini tentu menjadi nilai tersendiri di acara Loemadjang Mbiyen tahun ini," kata Yuli.

Menurut Yuli, event ini digelar sengaja bersamaan dengan tradisi Grebeg Suro di Wisata Alam Hutan Bambu Sumbermujur, agar dapat menambah keunikan dan daya tarik acara tersebut.

"Kolaborasi Loemadjang Mbiyen dan ritual peringatan 1 Suro yang dilaksanakan oleh desa-desa di Candipuro, tentu menjadi pilihan paket wisata menarik di Lumajang," imbuhnya.

Selain itu, kata Yuli, ragam yang tersaji di wisata Hutan Bambu Sumbermujur ini sangat beragam, mulai dari anyaman dan berbagai produk ekonomi kreatif, utamanya para pelaku UMKM.

"Acara Loemadjang Mbiyen ini juga ada pameran ekonomi kreatif dan juga kerajinan anyaman. Kecamatan Candipuro ini sudah banyak dikenal, terutama wisatanya, yakni Hutan Bambu dan Pemandian Tirtosari di Desa Penanggal," pungkasnya.

Event Loemadjang Mbiyen #4 ini sekaligus membuka rangkaian event Candipuro Culture Festival, yakni rangkaian tradisi yang digelar desa-desa di Kecamatan Candipuro dalam menyambut datangnya tahun baru Hijriah.

Mengambil tagline Seminggu Ning Candipuro, sampai tanggal 14 Juli nanti, ada beberapa tradisi unik yang digelar desa, termasuk pawai gunungan dan ritual Ruwat Air yang digelar Desa Penanggal pagi ini di Pemandian Alam Tirtosari.