Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni saat pelepasan jamaah haji Lumajang (15/05). Foto: Humas Lumajang

Haji Termuda Kabupaten Lumajang, Gadis 18 Tahun Temani Ibunda Gantikan Mendiang Ayah

923 Calon Jamaah Haji Asal Lumajang Berangkat Tahun Ini

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Lumajang, Muhammad Muslim mengatakan sebanyak 923 jamaah haji asal Kabupaten Lumajang bakal berangkat ke tanah suci pada tanggal 23 Mei mendatang.

Ratusan jamaah haji asal Lumajang tersebut tergabung dalam 3 kloter yakni 47, 48 dan 51. Jumlah ini meningkat dibanding tahun 2023 yang sebelumnya Lumajang memberangkatkan total 790 jamaah haji.

"Tahun ini ada 923 jamaah yang berangkat. Alhamdulillah, tahun ini jumlahnya naik dibanding tahun 2023. Semoga tahun depan bisa mendapat kuota lebih banyak lagi supaya lebih cepat antrian calon jamaah yang berangkat," terangnya.

Dari jumlah tersebut, jamaah tertua berusia 89 tahun dan termuda 18 tahun. 3 kloter jamaah asal Kabupaten Lumajang ini nantinya bakal berangkat tanggal 23 Mei mendatang melalui embakarsi Asrama Sukolilo Surabaya.

Dalam sambutannya, Pj.Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengingatkan kembali seluruh jemaah calon haji bahwa kondisi cuaca sangat ekstrem di Arab Saudi, diharapkan agar para calon jemaah haji tetap menjaga kondisi tubuh.

"Jangan lupa mengkonsumsi cukup air, makan dan istirahat secukupnya. Serta, jangan lupa membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi sehari hari," ungkap Bunda Yuyun, sapaan hangat Pj. Bupati Lumajang.

"Mudah-mudahan dengan persiapan yang matang, nantinya dalam pelaksanaan ibadah haji, tidak ada kendala yang berarti dalam menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji. Dan semoga seluruh calon jemaah haji menjadi Haji Mabrur," harapnya.